Image

Capai Pertumbuhan Ekonomi, Menko Darmin Ingin Bangkitkan Industri Manufaktur

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 17:41 WIB
https img k okeinfo net content 2016 10 19 20 1519130 capai pertumbuhan ekonomi menko darmin ingin bangkitkan industri manufaktur gbXCYir1mx jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2017 mendatang dipatok di atas 5 persen. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah berencana akan mengembangkan sektor industri pada berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, terdapat beberapa sektor industri yang harus dikembangkan. Diantaranya adalah industri manufaktur. Sebab, sektor ini diyakini mampu membangkitkan ekonomi Indonesia dari Perlambatan ekonomi global.

"Kita tetap berusaha betul memperbaiki apa ang telah kita capai sekarang ini sehingga sekarang kita ada di angka lima persen, kita ingin ke depan mulai naik. Apakah ekonomi dunia masih akan lambat atau tidak tapi kita akan berusaha untuk menambah perbaikan yang ada saat ini. Bukan hanya di infrastruktur, SDM, dan pangan. Tapi soal industri manufaktur dan lainnya," kata Darmin di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Hanya saja, Darmin memprediksi bahwa perlambatan ekspor masih terjadi dalam beberapa waktu mendatang. Untuk itu, Indonesia dinilai perlu meningkatkan industri berbasis konsumsi dalam negeri agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Ekspor kita walau tidak bisa berharap akan membaik tapi dalam situasi sekarang ini, perlambatan itu masih terjadi. Tapi karena perlambatannya makin lama makin kecil sehingga ekspor kita tidak melihat sebagai faktor yang mengurangi kecepatan secara dalam porsi besar di masa lalu," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini