Image

2 TAHUN JOKOWI-JK: Daftar Proyek Strategis yang Dipercepat

Danang Sugianto, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 17:48 WIB
https img okeinfo net content 2016 10 19 20 1519144 2 tahun jokowi jk daftar proyek strategis yang dipercepat xMuPl9HSoH jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Tidak terasa masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakilnya Jusuf Kalla sudah berlangsung selama 2 tahun. Ditahun kedua ini Jokowi menyebut merupakan tahun percepatan.

Pemerintah menegaskan bahwa 2016 merupakan tahun percepatan pembangunan nasional. Hal itu telah ditekankan Jokowi saat memberikan pidato kenegaraan dalam rangga HUT RI ke 71 di Gedung DPR pada 17 Agustus 2016 kemarin.

Ratusan proyek sedang dibangun untuk mengurangi ketimpangan ekonomi antara Jawa dan luar Jawa, khususnya infrastruktur transportasi di darat, laut, dan udara.

Dalam sektor infrastruktur, pemerintah telah menentukan beberapa proyek strategis yang dipercepat. Demikian dilansir dari data Kantor Staf Kepresidenan, Rabu (19/10/2016),

Pada 2016, sejumlah proyek strategis yang umumnya berlokasi di luar Jawa, telah menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan berkat langkah-langkah akselerasi. Seperti proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT), Terminal Kalibaru, Pelabuhan Patimban,PLTU Batang, Jalan Tol Serang-Panimbang, SPAM Umbulan, Revitalisasi Bandara, dan Palapa Ring Broadband.

Memang butuh waktu yang tak sebentar untuk membangun infrastruktur, namun percepatan dapat dilakukan melalui perbaikan kebijakan, kelembagaan, pembiayaan, dan penyiapan proyek. Caranya pemerintah telah memberikan penugasan kepada BUMN dalam pembangunan Tol Trans Sumatera, LRT Sumatera Selatan, dan LRT Jabodebek

Kemudian membiayai sebagian seksi jalan tol, namun memberikan hak pengelolaan seluruh ruas jalan tol kepada kontraktor pembangun seksi lainnya dalam rangka meningkatkan nilai investasi kontraktor.

Selain itu pemerintah juga akan mengembangkan skema KPBU di proyek Palapa Ring, Kilang Minyak Bontang, dan Tol Serang-Panimbang. (dng)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini