Image

Menko Darmin Ingin Paket Kebijakan Ekonomi Lebih Terarah

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 18:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 19 20 1519177 menko-darmin-ingin-paket-kebijakan-ekonomi-lebih-terarah-Xblqmne3Ce.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah hingga saat ini telah menerbitkan paket kebijakan sebanyak 13 jilid. Bahkan, menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, nantinya akan terdapat paket kebijakan jilid 14 yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Namun, paket kebijakan berikutnya ditargetkan akan lebih menyasar sektor secara lebih khusus. Sebab, selama ini paket kebijakan dinilai belum menyentuh secara langsung berbagai lapisan masyarakat.

Menurut Darmin, salah satu sektor yang disasar adalah pada sektor pangan. Namun, belum diketahui apakah paket kebijakan secara tematik ini kembali akan diluncurkan dalam waktu dekat.

"Sebetulnya belum tentu jangka panjang, tapi untuk pangan iya. Di deregulasi, setelah kita lihat hasil satu putaran ini, begitu kita lihat kelihatannya ada juga yang muncul lagi, bukan izin tapi rekomendasi. Itu yang harus kita bereskan lagi," kata Darmin di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

"Nanti kita temanya akan lebih tematik, misalnya logistik, industri manufaktur sehingga kita bisa lebih terarah," imbuhnya.

Saat ini, lanjut Darmin, evaluasi paket kebijakan masih terus dilakukan. Evaluasi ini akan digunakan sebagai pijakan untuk peluncuran paket kebijakan berikutnya.

"Kita memang menjalankan itu (evaluasi) sejak satu dua bulan terakhir. Pada waktu kita mulai bangun task force, saat itu kita mulai merancang deregulasi tapi kita mengevaluasi apa yang terjadi, mencoba mengidentifikasi di mana lagi bolongnya yang harus didorong deregulasinya sebagai prioritas dan seterusnya," tutupnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini