Image

Data China Positif, Pasar Saham Asia Dibuka Melonjak

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 09:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 19 278 1518537 data-china-positif-pasar-saham-asia-dibuka-melonjak-NqUYpMiXhp.jpg Ilustrasi indeks Asia. (Foto: Reuters)

SYDNEY - Pasar saham Asia mengawali perdagangan di zona hijau setelah rentetan data memperlihatkan ekonomi China mulai stabil ditunjang oleh pengeluaran pemerintah dan pasar perumahan yang menguat. Meski demikian, kekhawatiran utang terus meningkat.

Pasar saham Shanghai SSEC naik tipis 0,2 persen. Indeks MSCI dari pasar saham Asia Pasifik di luar Jepang, .MIAPJ0000PUS, menguat 0,4 persen dengan kenaikan tertingginya mencapai 1,4 persen. Sementara pasar saham Australia menguat 0,3 persen dan pasar saham Jepang Nikkei N225 naik 0,17 persen.

Produk domestik bruto (PDB) China tercatat mengalami pertumbuhan 6,7 persen pada September, persis seperti yang diperkirakan para analis. Investasi swasta tetap tinggi dengan pengeluaran pemerintah dan properti yang mendorong laju ekonomi China.

Data lainnya menunjukkan penjualan ritel naik 10,7 persen dan investasi di perkotaan tumbuh 8,2 persen. Meski demikian, produksi industri hanya tumbuh 6,1 persen.

Di sisi lain, data menunjukkan bank-bank China mencatatkan pertumbuhan pinjaman baru mencapai 1,22 triliun yuan atau sekira USD181 triliun pada September, rekor pinjaman sembilan bulan tertinggi.

Sebagian besar pertumbuhan didorong oleh pasar perumahan booming, oleh karena itu pemerintah berusaha untuk menekan pertumbuhan tersebut tanpa memicu kejatuhan harga properti.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini