Image

Modal Rp100 Ribu, BEI Ajak Mahasiswa Jadi Investor

Erie Prasetyo, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 16:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 19 278 1518999 modal-rp100-ribu-bei-ajak-mahasiswa-jadi-investor-wkQZU36SRc.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

MEDAN - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan MNC Securities terus gencar mensosialisasikan menariknya ikut serta dalam pasar modal di Indonesia.

Direktur Pengembangan BEI Hosea Nicky Hogan mengatakan, setiap harinya transaksi di pasar modal Indonesia mencapar Rp6,5 triliun. Untuk itu dirinya mengajak mahasiswa agar memanfaatkan peluang menjadi investor di pasar modal.

"Hanya dengan Rp100 ribu bisa jadi investor dan membeli saham di perusahaan yang ada di Indonesia. Mahasiswa dan dosen juga sudah di mudahkan dengan adanya galeri investasi yang baru dibuka," ujar Nicky saat seminar 'Cerdas Berinvestasi di Pasar Modal' di aula Universitas Tjut Nyak Dhien, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (19/10/2016).

Dia juga menjelaskan, index harga saham di Indonesia terus naik selama 10 tahun.

Bahkan kenaikkan harga saham di Indonesia adalah yang tertinggi di dunia. Kendati demikian, dari semua investor yang menanamkan modal di Indonesia, sebagian besar investor adalah warga asing.

"Enggak ada kenaikkan negara lain yang index melebihi Indonesia. Ini momentum yang sangat baik untuk kita semua. Bagi mahasiswa ini juga harus dimanfaatkan sebaik mungkin," jelas Nicky.

Dia juga mengatakan, untuk menjadi seorang investor harus menjadi orang yang optimistis. Dibutuhkan pengetahuan dan ketelitian juga agar menjadi investor yang sukses.

"Ada 535 perusahaan yang terdaftar di BEI. Termasuk perusahaan produknya setiap hari kita pakai. Kita bisa menjadi pemilik perusahaan itu dengan membeli sahamnya. Tidak hanya konglomerat yang bisa jadi investor. Kita dengan modal Rp100 juga bisa jadi investor," pungkas Nicky.

Dalam rangkaian acara tersebut dihadiri sekira 250 orang mahasiswa dan dosen. BEI bekerjasama dengan MNC Securities dan Universitas Tjut Nyak Dhien juga membuka Galeri investasi di area universitas. Galeri tersebut berfungsi untuk memudahkan civitas dalam kegiatan di pasar modal.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini