nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Berikan Insentif Khusus untuk Kembangkan Industri dalam Negeri

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016 14:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 19 320 1518875 sri-mulyani-berikan-insentif-khusus-untuk-kembangkan-industri-dalam-negeri-9wvASsVI2n.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah mengembangkan sektor industri. Dalam jangka panjang, ditargetkan sektor ini dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, hingga saat ini terdapat beberapa insentif khusus yang telah diberikan kepada para pengusaha. Pada sektor ekspor impor, salah satu insentif khusus yang diberikan adalah berupa pembebasan bea masuk dan bea keluar.

"Fasilitas terbaru yang dikeluarkan pemerintah adalah PLB (Pusat Logistik Berikat). PLB adalah gudang multifungsi untuk menimbun barang ekpsor dan impor dengan fasilitas penangguhan bea masuk, tidak dipungut pajak dalam rangka impor, dan kemudahan lainnya," tutur Sri Mulyani dalam acara Jakarta Internasional Logistic Summit dan Expo (JILSE) di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Insentif ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh dunia usaha untuk mengembangkan berbagai sektor usaha pada seluruh daerah di Indonesia. Adapun sektor industri yang ditargetkan oleh Sri Mulyani dapat berkembang pesat adalah pada industri transportasi.

"Kebijakan instrumen fiskal APBN adalah menciptakan perkembangan industri pembuat kapal, kereta api, dan pesawat terbang. Kebijakan fiskal juga berikan fasiliats PLB untuk perusahan maintance dari industri pesawat terbang," tuturnya.

Dengan begitu, industri di Indonesia ditargetkan dapat bersaing secara global. Bahkan PLB di Indonesia ditargetkan juga dapat menjadi salah satu pusat logistik terbaik di Asia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini