Image

Kuasai Ini, Holding BUMN Bisa Bertahan di Pasar Global

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 17:05 WIB
https img z okeinfo net content 2016 10 19 320 1519075 kuasai ini holding bumn bisa bertahan di pasar global tnq6ndwxXL jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA – Di tengah kondisi ketidakpastian sekarang ini, pemerintah malah memutuskan untuk membentuk holding bagi perusahaan BUMN dengan sektor di antaranya pertambangan, energi, perbankan, dan lainnya.

Di tengah kondisi ketidakpastian ini pula para perusahaan atau industri termasuk BUMN harus menghadapi pasar bebas, di mana peta persaingan akan semakin kuat. Lalu apa yang mesti dilakukan supaya holding BUMN buat daya saing perusahaannya semakin kuat?

Presiden Direktur Daya Dimensi Indonesia Heriati Gunawan mengatakan, setidaknya ada empat kemampuan utama yang penting untuk dikuasai holding BUMN agar dapat bertahan dalam industri yang terus berubah, dengan utamanya mempersiapkan para pemimpin perusahaan dan meningkatkan kepercayaan diri.

"Keempat kemampuan tersebut adalah menangani dan memperkenalkan perubahan dalam organisasi, membangun kesepahaman dan komitmen bersama, menginspirasi anggota organisasi untuk mencapai visi masa depan, dan memimpin lintas generasi," jelasnya, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Bos perusahan pengelola SDM ini melanjutkan, holding BUMN harus mampu membawa perusahaan dalam mengarungi VUCA world, bahkan meningkatkan kinerja agar unggul dalam industri. VUCA world merupakan kondisi dunia bisnis saat ini dengan pengerti volatile, uncertain, complex, and ambiguous.

Salah satu cara untuk bisa mengarungi VUCA world tersebut dengan dengan menggunakan assessment center. Assessment center merupakan suatu metode komprehensif untuk menilai kompetensi seseorang dalam menangani suatu tanggung jawab, melalui serangkaian proses tes tertulis, psikometri, wawancara, dan simulasi.

”Assessment center dapat di ibaratkan sebagai medical checkup yang mutakhir. Melakukan tes untuk menganalisis kondisi seseorang untuk mencari status kesehatannya, untuk diberikan rekomendasi perbaikan gaya hidup, pola makan, dan treatment yang paling pas untuknya," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini