Image

Pusat Logistik Berikat Juga Dapat Dimanfaatkan UKM

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 17:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 10 19 320 1519093 pusat-logistik-berikat-juga-dapat-dimanfaatkan-ukm-4QiJnMsJxp.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah saat ini telah meresmikan sekira 28 Pusat Logistik Berikat (PBL). Hingga akhir tahun 2016, ditargetkan akan terdapat sekira 10 PBL yang akan dikembangkan oleh pemerintah.

Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, nantinya PBL ini tidak hanya akan dapat dimanfaatkan oleh pengusaha besar. Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) pun nantinya juga adalah menggunakan fasilitas ini untuk kegiatan ekspor dan impor.

"Juga bisa untuk mereka para pelaku UKM bisa. Tinggal bagaimana nanti standar bisa dikembangkan," kata Darmin di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Para pengusaha pun dapat mengendalikan ekspor dan impor sesuai kapasitas yang diinginkan. Sebab, dengan adanya PLB, maka para pengusaha tak lagi harus bergantung pada gudang penyimpanan logistik di luar negeri.

"Jadi para pengusaha nanti dapat mengumpulkan barang tanpa harus menumpang ke tempat lain. Lalu bisa merancang irama ekspor atau impor dari situ," tuturnya.

Dengan begitu, maka Indonesia ditargetkan dalam jangka panjang dapat menjadi pusat logistik di Asia Pasifik. Artinya, Indonesia tak lagi bergantung pada PLB di luar negeri.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini