Image

Dirut BUMN Tidak Harus Kuasai Teknis Perusahaannya

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 17:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 19 320 1519101 dirut-bumn-tidak-harus-kuasai-teknis-perusahaannya-9WaAnZuno3.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Jika diperhatikan, begitu banyak Direktur Utama (Dirut) BUMN yang basic pendidikan tidak sejalan dengan pekerjaanya di BUMN. Salah satunya, Dirut Pelindo II Elvyn G Masassya yang notabene adalah seorang analis keuangan.

Lalu kenapa pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN meyakini perusahaan tersebut dipimpin oleh seorang yang tidak paham dengan pekerjaannya ?

Asisten Deputi Manajemen SDM Eksekutif BUMN Kementerian BUMN Imam Bustomi mengatakan, posisi Dirut tidak perlu memikirkan soal teknis suatu perusahaan. Pasalnya, jika belajar teknis, tentu akan memakan waktu yang lama.

Contohnya, seorang yang punya restoran dia tidak perlu tahu soal masak-memasak yang baik seperti apa. Si pemilik itu leader yang harus bisa membuat segementasi akan diapakan restorannya, kemudian mau diarahkan ke mana restorannya.

"Dia tidak perlu tahu detail masaknya kan. Sama saja di perusahaan juga begitu, seorang Dirut arus mampu membawa timnya, harus mampu organisasi dengan semua anggotanya, bagaimana memajukan perusahaannya," ujarnya di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Menurutnya, yang harus utama diperhatikan dalam sebuah perusahaan adalah direktur operasionalnya. "Dia harus mengerti kalau enggak, bagaimana dia membawa perahu ini berlayar. Yang ada jadi bisnis mendatar saja," tuturnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini