Image

Organda Minta Transportasi Online Patuhi Aturan

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 17:31 WIB
https img okeinfo net content 2016 10 19 320 1519115 organda minta transportasi online patuhi aturan kr4BeOKJO9 jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Organisasi Gabungan Angkutan Darat (Organda) meminta, kepada para pelaku transportasi online untuk segera memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah melalui payung hukum yang jelas.

Munculnya transportasi online membuat pemerintah seolah menabrak UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LlAJ. Namun, pada akhirnya pemerintah menerbitkan aturnan turunan yakni Permen Nomor 32 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek.

"Saya pikir kalau kita bicara dari landasan yang ada saat ini, yaitu UU Nomor 22, jadi seperti yang disampaikan gak usah berandai-andai, karena itu sudah pasti," kata Sekjen DPP Organda Ateng Aryono di Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Dalam Permen Nomor 32 Tahun 2016 memang diwajibkan para pelaku transportasi online untuk melakukan uji KIR, hingga memiliki pool atau garasi sendiri.

Yang terjadi saat ini, kata Ateng, para pelaku transportasi online melakukan operasi terlebih dahulu baru memproses izinnya. Hal tersebut berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan oleh transportasi konvensional.

"Kita semua izin dulu baru jalan, diberi izin baru kita jalan," tambahnya.

Landasan hukum dalam moda transportasi darat sudah jelas diatur dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009, Peraturan Menteri (PM) Perhubungan No 74 Tahun 2014 dan Nomor 32 Tahun 2016.

Dia menegaskan, perusahaan taksi online tidak akan terkena masalah kalau semua peraturan tersebut sudah diikuti secara baik dan benar. Selain itu, juga harus memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang ditentukan terutama terkait trayek.

"Itu bisa selamatlah karena pedomannya sudah ada dan jelas. Kalau kita ngomongin UU angkutan umum, semuanya penuhi SPM dan tidak dalam trayek wajib izin angkut orang tidak dalam trayek," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini