Image

Kemenhub Minta Taksi Online Jangan Cuma Komplain!

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 18:02 WIB
https img z okeinfo net content 2016 10 19 320 1519165 kemenhub minta taksi online jangan cuma komplain MUfL2FJ8Us jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Kementerian Perhubunan (Kemenhub) meminta kepada para pelaku transportasi online untuk teliti dalam membaca aturan yang telah diterbitkan, khususnya yang mengatur keberadaan taksi online, seperti grabcar, go-car, hingga uber car.

Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar mengatakan, selama ini Asosiasi Driver Online (ADO) hanya kritis mengenai persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah melalui Permen Nomor 32 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan Angkutan Orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek.

Dalam aturan tersebut, para pelaku transportasi online ini harus mengikuti uji KIR, memiliki garasi atau pool, dan membentuk koperasi dengan minimal lima mobil.

"Jadi yang pertama itu sosialisasi harus terus ditingkatkan, saya ingin dalam kesempatan ini apa yang disampaikan sudah ok semua, tapi karena sudah ada aturan ya kita lihat lagi," kata Pudji di Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Para anggota ADO selama ini dianggap salah mengartikan persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah melalui Permen Nomor 31 Tahun 2016. Padahal, seperti pembentukan koperasi dengan anggota lima kendaraan, di mana masing-masing individu bergabung dengan membentuk koperasi.

"Masing individu menjadi lima itu bisa menjadi kegiatan yang sifatnya mencari nafkah dengan mendirikan perusahaan, bukan berarti satu orang punya empat, tapi bergabung menjadi koperasi, kalau cuma punya satu itu bisa bergabung dengan yang lima," tambahnya.

Mengenai aturan lain juga, seperti bekerjasama dengan pelaku bengkel, di mana seharusnya koperasi yang telah dibentuk juga dapat menjalin kerjasama dengan pelaku bengkel. Yang tujuannya dapat menindak cepat jika ada mobil anggota tengah alami kerusakan.

"Ketiga berkaitan dengan pool, atau garasi, kan tidak juga harus punya pool, setiap pengemudi yang ingin memiliki itu harus memiliki garasi, agar tidak mengganggu, karena kalau tidak punya garasi maka parkirnya di pinggir jalan," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini