Image

Tekan Inflasi, Menko Darmin Bakal Keluarkan Kebijakan Khusus Pangan

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 18:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 10 19 320 1519170 tekan-inflasi-menko-darmin-bakal-keluarkan-kebijakan-khusus-pangan-K1ZgpKwB6J.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, hingga saat ini inflasi secara nasional masih rendah. Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik inflasi pada tahun kalender hingga September lalu adalah sebesar 1,97 persen, dan inflasi tahun ke tahun (year on year/yoy) 3,07 persen. Adapun inflasi komponen inti sebesar 0,33 persen, dan inflasi komponen inti yoy tercatat sebesar 3,11 persen.

Hanya saja, menurut Darmin masih perlu diperhatikan beberapa sektor untuk dapat menekan inflasi dalam jangka menengah. Terutama adalah sektor pangan. Bahkan, Darmin berencana akan mengeluarkan kebijakan khusus untuk pangan agar tak berdampak besar terhadap inflasi.

"Inflasi sudah cukup rendah, namun begitu kita tetap ingin membangun kebijakan jangka menengah soal pangan," kata Darmin di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Darmin menyebutkan bahwa rendahnya inflasi ini turut berdampak pada tingginya minat untuk berinvestasi di Indonesia. Untuk itu, pemerintah wajib mempertahankan kestabilan inflasi. Tak hanya dalam jangka pendek, namun juga untuk jangka panjang.

"Investasi kita relatif tumbuh, kecenderungannya naik terus. Itu tentu saja sebagai hasil dari deregulasi, kita meyakinkan pasar, dan pertumbuhan ekonomi kita yang tidak jelek. Orang punya optimisme juga," tutupnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini