Image

Taksi Online Tolong Patuhi Aturan!

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 18:07 WIB
https img o okeinfo net content 2016 10 19 320 1519172 taksi online tolong patuhi aturan OBrMwTOuQ8 jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta, para pelaku transportasi online untuk mematuhi Permen Nomor 32 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor tidak dalam trayek.

Dalam payung hukum tersebut, setidaknya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti mengikuti uji KIR, membentuk koperasi, hingga memiliki garasi atau pool sendiri.

"Tolong tetap dipatuhi yang PM 32 sudah dilakukan," kata Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto di Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Tidak hanya itu, para pelaku transportasi online juga harus mematuhi apa yang sudah tertera pada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, yang mana setiap pengemudi harus memiliki SIM dan mengutamakan keselamatan.

Apalagi, kata Pudji, momentum Asosiasi Driver Online (ADO) yang dalam waktu dekat akan melakukan musyawarah nasional (munas) menjadi momen penting untuk mensosialisasikan kembali mengenai persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Karena kalau sifatnya merangkul, pemerintah akan mendukung, jangan sampai di antara kita saja, taksi tidak resmi ribut dengan yang resmi, dengan yang taksi online ini jangan ribut, tapi harus besatu, kalau tidak gitu ya capek deh, jadi dua hal yang pertama kita ingin mencarikan jalan keluar," pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini