Image

Darmin: Ekspor Mineral Harus Konsisten

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 18:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 19 320 1519210 darmin-ekspor-mineral-harus-konsisten-21DRRE2UxY.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan bahwa ekspor mineral merupakan salah satu hal yang harus ditetapkan secara konsisten oleh pemerintah. Hal ini pun telah diterbitkan pada paket kebijakan tahun lalu.

Saat ini, upaya ekspor tersebut masih terus dilakukan. Beberapa persiapan pun dilakukan. Salah satunya adalah dengan BKPM.

"Memang pada paket kedua atau ketiga kita bahas itu. Kesimpulannya waktu itu harus diteruskan supaya konsisten dan supaya pembangunan smelternya itu jadi. Dari awal juga begitu," kata Darmin di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

BKPM pun memberikan rekomendasi kepada pemerintah terkait rencana kebijakan relaksasi ekspor mineral. Hal Ini bertujuan agar investor dan pemerintah sama-sama mendapatkan win-win solution.

Secara terpisah, Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM Tamba Parulian Hutapea mengatakan, hal pertama yang harus pemerintah lakukan adalah agar tetap konsisten pada kebijakan hilirisasi mineral.

"Kalau tidak demikian, ya negara kita hanya dianggap salah satu negara yang kebijakannya selalu berubah-ubah. Akibatnya investor juga ogah ke sini," ujarnya.

Untuk itu kebijakan-kebijakan terkait ekspor mineral yang akan diterbitkan harus tetap melindungi rencana dan realisasi investasi di sektor hilir mineral yang telah dilakukan, kebijakan tidak boleh bersifat back track.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini