Image

Begini Penampakan Pusat Logistik yang Dikembangkan Pihak Swasta

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2016, 00:19 WIB
https img k okeinfo net content 2016 10 19 320 1519281 begini penampakan pusat logistik yang dikembangkan pihak swasta 4lTciEF9gr jpg Maket Pusat Logistik (Foto: Dedy Afrianto/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan selama tiga hari hingga tanggal 21 Oktober mendatang mengadakan pameran terkait sistem logistik nasional. Pameran ini dilakukan dalam rangka sosialisasi Pusat Logistik Berikat (PBL) kepada dunia internasional.

Menariknya, dalam kegiatan ini terdapat beberapa pusat logistik yang dipamerkan oleh dunia usaha. Pusat logistik ini bahkan sengaja dikembangkan untuk dijual kepada para investor.

"Memang sejak dikembangkan oleh pemerintah banyak investor yang berminat. Bahkan kita saat ini sedang mengembangkan pengerjaan tahap dua," kata salah satu sales eksekutif pengembang kawasan logistik di kawanan sentul, Sugi Saputra saat ditemui Okezone di lokasi pameran, Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta.

Menurutnya, banyak para investor yang membeli untuk disewakan kepada para pengusaha. Permintaan ini semakin meningkat sejak pemerintah gencar melakukan sosialisasi kepada para pengusaha mengenai Pusat Logistik Berikat.

"Jadi investor biasanya kembali menyewakan kepada pengusaha. Hingga saat ini banyak yang berminat," tuturnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini pemerintah telah meresmikan sekitar 28 Pusat Logistik Berikat (PLB). Dari 11 PLB yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Maret lalu, hari ini terdapat 17 PLB baru yang telah diresmikan.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi menuturkan, hingga akhir tahun terdapat sekira 10 PLB baru yang akan dikembangkan. Ditargetkan, PLB ini akan segera dimanfaatkan jelang akhir tahun 2016 mendatang.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini