Image

Cara Main BPJS Kesehatan Harus sesuai UU

Hendra Kusuma, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2016, 05:13 WIB
https img z okeinfo net content 2016 10 19 320 1519285 cara main bpjs kesehatan harus sesuai uu NLLDAumjbt jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Beredarnya pesan berantai mengenai skema virtual account yang mana isinya memberikan banyak keluhan pada masyarakat, yang mana data masing-masing peserta akan terintegrasi dengan beberapa sektor.

Bahkan, pada pesan berantai tersebut dituliskan bahwa para peserta akan menanggung beban bagi keluarganya yang menunggak iuran BPJS.

Pengamat asuransi Herris Simandjuntak menilai, tidak menutup kemungkinan hal tersebut memang akan diterapkan oleh BPJS, terutama bagi BPJS Kesehatan.

Namun, kata dia, sejauh ini cara bisnis yang diterapkan oleh BPJS sesuai dengan aturan main yang tertuang dalam UU.

"BPJS itu kan asuransi sosial berdasarkan UU tentunya apa yang dilakukan terkait dengan UU, ada payungnya, jadi belum langsung percaya atas edaran pesan berantai," kata Herris kepada Okezone di Jakarta.

Herris menilai, pesan berantai yang telah banyak diterima masyarakat tentunya harus diketahui mengenai kevalidannya. Sangat disayangkan jikalau pesan edaran tersebut hanya buah karya orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Herris berpandangan, pengintegrasian data para individual peserta BPJS tidak menutup kemungkinan akan terhubung dengan pelayanan sosial manapun, akan tetapi tidak seluas apa yang tertera dalam pesan berantai tersebut.

"Kalau kaya gitu kaya NPWP, NPWP saja tidak semuanya kan," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini