Image

Lewat Instagram, Ridwan Kamil Umumkan Kewajiban Sertifikasi Bangunan Hijau

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 14:53 WIB
https img okeinfo net content 2016 10 19 470 1518872 lewat instagram ridwan kamil umumkan kewajiban sertifikasi bangunan hijau WzHIDNKWBw jpg Ilustrasi (shutterstock)

BANDUNG - Konsep green building atau bangunan hijau di Indonesia masih belum berkembang luas. Padahal penerapan bangunan hijau ini dinilai amat bermanfaat bagi lingkungan di mana sebuah bangunan berdiri.

Kendati begitu, ternyata Kota Bandung menjadi salah satu daerah yang cukup serius untuk menerapkan konsep tersebut.

Hal itu tampak dari postingan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di akun Instagram miliknya. Dia menulis, bahwa mulai 1 Januari 2017, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tidak akan diberikan jika rumah atau gedung tidak lulus sertifikasi bangunan hijau.

"Dalam rangka menyelamatkan masa depan lingkungan Kota Bandung, untuk perhatian para arsitek/kontraktor/developer, mulai 1 Januari 2017 IMB tidak akan diberikan jika rumah/gedung tidak lulus sertifikasi bangunan hijau," tulis Kang Emil lewat akun @ridwankamil, Rabu (19/10/2016).

 

Tidak tanggung-tanggung, Emil pun telah menyiapkan insentif berupa pengurangan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta penambahan intensitas Koefisien Lantai Bangunan (KLB).

"Jika kualitas ramah lingkungannya sangat baik ada insentif pengurangan pajak PBB & penambahan intensitas bangunan KLB #saveBDG," tulisnya.

Untuk sekadar diketahui, di Indonesia sendiri, Green Building Council Indonesia (GBCI) menjadi lembaga yang memberikan rating terhadap bangunan hijau di Indonesia dengan nama Greenship.

Seperti dikutip dari laman resmi GBC Indonesia, Greenship mencakup 4 jenis, yakni Greenship Bangunan Baru, Bangunan Terbangun, Interior Space, Rumah Tinggal, dan Kawasan.

Kriterianya pun terbagi menjadi enam yakni, mulai dari tepat guna lahan, efisiensi dan konservasi energy, konservasi air, sumber dan siklus material, kualitas udara, dan manajemen lingkungan bangunan. (fir)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini