Image

Rumah Tempat Kelahiran Hitler Bakal Dibongkar

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2016, 00:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 19 470 1519137 rumah-tempat-kelahiran-hitler-bakal-dibongkar-bxE1fR41Qk.jpg Foto: AFP

BRAUNAU - Sebuah bangunan di Braunau am Inn, Austria, yang pernah menjadi tempat tinggal pimpinan Partai Nazi yakni Adolf Hitler akhirnya akan dirobohkan. Tidak hanya jadi tempat tinggal, rumah tersebut juga jadi tempat kelahiran Hitler.

Seperti dilansir BBC, Kamis (20/10/2016), masa depan dari bangunan ini sebelumnya telah menuai banyak perdebatan apakah harus diratakan dengan tanah atau mengubah fungsinya.

Hal tersebut diperparah dengan pilihan si pemilik yang menolak untuk menjual. Namun Menteri Dalam Negeri Austria Wolfgang Sobotka bersama asosiasi para ahli memutuskan bahwa rumah harus dirobohkan.

Rumah ini telah menjadi objek perselisihan hukum dalam setahun terakhir antara pemilik Gerlinde Pommer dengan pemerintah, yang telah menyewa sejak 1972 untuk mencegah penyalahgunaan.

Saat ini harga sewa yang dipatok dalam sebulan sebesar EUR4.800 atau setara dengan Rp68,7 juta (kurs Rp14.315). Pommer yang sekarang sudah pensiun berulang kali menolak untuk menjual bangunan tiga lantai itu ke pemerintah.

Kendati begitu selama lima tahun terakhir bangunan tersebut pun kosong tidak terpakai, karena dia juga menolak untuk dilakukannya pekerjaan renovasi.

Keputusan pembongkaran tersebut ternyata mendapat pertentangan dengan sejumlah organisasi-organisasi budaya. Pasalnya bangunan itu dianggap menjadi bagian dari pusat kota yang bersejarah.

Untuk sekadar diketahui, Hitler dilahirkan di sebuah kamar sewaan di lantai paling atas dari bangunan itu, yang terletak di perbatasan Austria-Jerman pada 20 April 1889.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini