Jokowi Kritik Mahalnya Biaya Tabungan, Begini Penjelasan OJK

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Senin 31 Oktober 2016 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 31 320 1528831 jokowi-kritik-mahalnya-biaya-tabungan-begini-penjelasan-ojk-XzAKu6MPXQ.jpg Ilustrasi: (Foto: Setneg)

JAKARTA - Dalam peringatan Hari Menabung Sedunia, Jokowi meminta perbankan untuk meninjau kembali biaya administrasi tabungan. Jokowi menyebut tingginya administrasi menjadi salah satu keluhan masyarakat ketika menabung di bank.

Menanggapi permintaan Presiden Jokowi, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad menjelaskan, untuk tabungan kecil seperti simpanan pelajar (simpel) tidak dikenakan biaya tabungan.

"Sebenarnya sudah kita penuhi, kalau simpel sudah tidak ada (biaya tabungan), tadi saya sudah jelaskan ke beliau," kata Muliaman, Senin (12/10/2016).

Namun, Muliaman menyebut biaya tabungan untuk rekening tertentu masih berlaku. Misalnya untuk tabungan deposito rekening besar.

"Tabungan-tabungan tertentu yang besar mungkin masih ada (biaya tabungan), tapi khusus simpel yang kecil-kecil ini biaya administrasi tidak ada dan malahan setoran bisa Rp5.000 dan sederhana sekali," tukas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini