Industri Film Masih Kalah dari Kuliner

Hendra Kusuma, Jurnalis · Senin 31 Oktober 2016 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 31 320 1528943 industri-film-masih-kalah-dari-kuliner-4lg6kkTQzM.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Industri film nasional disebut masih kalah dengan sektor kuliner dalam hal kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menyebutkan, 76% PDB dari ekonomi kreatif dikontribusikan oleh sektor kuliner, fashion, dan kriya.

"Film ini dijadikan anak tiri," kata Triawan di Bina Graha, Jakarta, Senin (31/10/2016).

Sektor kuliner, fashion, dan kriya tumbuh secara organik seiring berkembangkan ekonomi digital di Indonesia. "Secara autopilot karena kebutuhan sehari-hari, tapi didorong dengan digital didorong dengan akselerasi akan membesar secara drastis," tambahnya.

Menurut Triawan, industri film nasional yang masih belum berkembang secara pesat lantaran masih belum tersedianya insentif pajak bagi para pelaku di sektor tersebut.

Lanjut Triawan, tidak seperti negara-negara tetangga Indonesia seperti Malaysia dan Thailand, yang berani mengalokasikan dana dari pajak hiburan televisi untuk mendukung perkembangannya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini