nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenperin Berencana Naikkan Bea Keluar Kulit Hewan

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 01 November 2016 13:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 01 320 1529863 kemenperin-berencana-naikkan-bea-keluar-kulit-hewan-Za0fXfeXXI.jpg Ilustrasi Sapi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berencana menaikan bea keluar untuk bahan baku kulit hewan. Berdasarkan PMK 140 tahun 2016 tentang Penetapan Barang Ekspor Yang Dikenakan Bea Keluar dan Tarif Bea Keluar, kulit dikenakan bea keluar sebesar 15-25%.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, bahan baku industri penyamakan kulit berupa kulit hewan terus mengalami permasalahan terkait kontinuitas pasokan dari dalam negeri maupun impor. Bahan baku ini pun menjadi salah satu keluhan para pelaku industri kulit, alas kaki, dan aneka.

"Kita mengenakan bea keluar 25% sama 15%. Nanti kita kaji lagi, apakah bea keluar bisa ditingkatkan lagi,"ujar Airlangga, di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menambahkan, bahan baku kulit dari sisi perundangan tidak bisa dilarang. Tapi, untuk memaksimalkan potensi industri kulit, alas kaki dan aneka, bisa menggunakan bea keluar maksimal.

"Kita lihat sama seperti yang dikatakan Pak Menperin, kalau dari segi policy kita lihat dari bahan baku kulit disampaikan opsinya adalah menggunakan bea keluar tapi kita lihatlah dari usulan yang disampaikan Menperin berdasarkan input dari pelaku instrumen apa yang paling tepat untuk bisa meresponnya," ujarnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini