Menko Luhut Minta Sampah Diolah Jadi Energi

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 02 November 2016 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 02 320 1530848 menko-luhut-minta-sampah-diolah-jadi-energi-RRpB1YQGBo.jpg Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Kurniasih/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandaitan menyoroti pentingnya solusi bagi masalah sampah plastik di Indonesia.

Menurutnya, salah satu upaya yang bisa dilakukan saat ini adalah menyadarkan masyarakat agar disiplin dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Salah satunya mendisiplinkan masyarakat untuk enggak buang sampah ke laut," tegas dia di Hotel Pullman, Rabu (2/11/2016).

Solusi lain adalah mengembangkan pengolahan sampah menjadi energi (waste to energy). Dengan teknologi ini, sampah bisa disulap menjadi energi misalnya listrik.

"Itu ternyata bagus, harga listrik yang dihasilkan 16 sen per kwh, ini lebih tinggi dari harga listrik yang dihasilkan oleh batu bara, batu bara kan 9 sen per kwh," katanya.

Meski harganya lebih mahal, namun teknologi ini bisa mengurangi sampah di Indonesia. Saat ini, Luhut menyebut sudah ada tujuh kota yang siap menjalankan program pengelolaan sampah menjadi energi.

"Di Semarang 1,3 mw, tapi segera di Solo 7,5 mw dan seterusnya, ada tujuh kota yang sudah diputuskan dalam rapat kabinet. Itu akan berkembang terus ke depan," tukasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini