nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korsel-Malang Jajaki Kerjasama Pengembangan Smart City

Koran SINDO, Jurnalis · Sabtu 05 November 2016 13:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 05 470 1533773 korsel-malang-jajaki-kerjasama-pengembangan-smart-city-wa4bUoPZEM.jpg Ilustrasi

MALANG – Keberadaan Kota Malang sebagai kota pendidikan, wisata, dan industri telah menarik minat sejumlah kota di dunia, untuk menjalin kerja sama. Salah satu tawaran kerja sama ini datang dari Nonsan City, Korea Selatan.

Potensi dibukanya kerja sama antara dua kota beda negara ini, terlihat dari kehadiran Minister Counselor RI untuk Korea Selatan M. Aji Sury ke Balai Kota Malang kemarin. “Saya datang kemari karena memang ada tawaran kerja sama dari salah satu delegasi Korea Selatan ke KBRI,” tuturnya.

Dia menyebutkan, delegasi Korea Selatan tersebut ingin menjalin kerja sama antarkota, dengan salah satu kota di Indonesia. Delegasi yang sudah menyatakan minat kerja sama tersebut adalah delegasi dari Nonsan City. Kota ini, dijelaskannya, merupakan sebuah kota kecil di tengah Korea Selatan yang saat ini menjadi perhatian pemerintah Korea Selatan untuk dikembangkan menjadi smart city dan agriculture.

“Kotanya mirip dengan Kota Malang,” tuturnya. Tawaran kerja sama ini pastinya akan menjadi kesempatan besar bagi Kota Malang untuk mengembangkan jalinan kerja sama secara internasional. Nonsan City saat ini memiliki luas sekitar 500 kilometer persegi dengan penduduk sekitar 130.000 jiwa. Kotanya sejuk dan tidak banyak memiliki lahan pertanian.

Wakil Wali Kota Malang Sutiaji menyambut positif rencana kerja sama antarkota ini. Baginya, kerja sama yang dibangun harus memiliki makna bagi kedua kota. “Bukan sekadar saling mengunjungi saja. Namun, ada makna dan manfaat yang bisa dirasakan bersama,” tegasnya.

Selama ini, Kota Malang yang memiliki luas sekitar 110,06 km persegi, dengan jumlah penduduk lebih dari 800.000 jiwa serius membangun smart city dan mempertahankan lahan pertanian yang ada agar lebih produktif dalam mendukung kebutuhan pangan masyarakat.

Selain dua bidang kerja sama tersebut, orang nomor dua di Balai Kota Malang tersebut berharap bisa dikembangkan pula kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, serta pariwisata. “Kemungkinan jalinan kerja sama ini akan segera diresmikan dalam waktu dekat,” tuturnya. (fir)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini