nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

INSPIRASI BISNIS: Sudah 5 Tahun, Pria Ini Tekuni Usaha Sepatu Bordir

Jaka Samudra, Jurnalis · Selasa 08 November 2016 06:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 07 320 1535076 inspirasi-bisnis-sudah-5-tahun-pria-ini-tekuni-usaha-sepatu-bordir-kYUZLJd5xp.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

PASURUAN - Sepatu bordir salah satu hasil karya warga di Pasuruan, Jawa Timur masih tetap diburu wanita. Selain nilai seninya tinggi, harganya murah mencapai puluhan ribu Rupiah per pasangnya, hingga bisa menembus seluruh penjuru nusantara.

Bisnis ini telah berjalan 5 tahun, Arif Rahman (32) menekuni usaha sepatu bordir di rumahnya di lingkungan Gombyok, kelurahan Dermo, kecamatan Bangil, kabupaten Pasuruan.

Sepatu hasil karya bapak satu anak ini motifnya cukup bervariasi, mulai dari bunga, batik, dengan warna-warni indah. Bahkan, ringan berbeda dengan sepatu produk lainnya.

padahal, untuk membuatnya dengan cara tradisional.

“Meski begitu, kualitasnya dijamin awet. Nah untuk membuat sepatu ini bermula, bahan kain sudah terjahit bordir yang dikerjakan oleh tetangga dekatnya, dilem merata,” ujar Arif.

Setelah itu, lanjutnya, dimasukkan ke dalam kelebut atau nama cetakan sesuai dengan ukuran masing-masing dan diberi insul alas dalam sepatu.

"Baru dikencangkan dengan martil dan tang atau catut," ujarnya.

Kemudian kelebut dilepas dan dan diberi sol bawah sepatu yang sudah dilem sebelumnya.

setelah jadi siap dikemas dan dikirim dengan pemesanannya via online ke pulau Bali, Lombok, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Jakarta, Semarang, Bandung, Jogja dan Surabaya.

"Pemasaran dari mulut terus dan kami kirim dengan paketan," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini