Sri Mulyani Yakin Serapan Belanja Pemerintah Tembus 95%

Hendra Kusuma, Jurnalis · Selasa 08 November 2016 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 08 20 1535953 sri-mulyani-yakin-serapan-belanja-pemerintah-tembus-95-Amfphits0a.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan, realisasi belanja pemerintah hingga akhir tahun akan lebih dari 95% atau lebih baik dari serapan belanja yang sebelumnya.

Sri Mulyani menyebutkan, sejarah APBN dari sisi serapan belanja diakui memang tidak pernah mencapai 100% lantaran ada beberapa proses yang membuat serapan menjadi rendah.

"Jadi secara historis APBN itu 5% dari belanja yang dialokasikan itu tidak terpakai," kata Sri Mulyani di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (8/11/2016).

Ada dua hal yang dilakukan pemerintahan kabinet kerja guna menekan realisasi serapan belanja kementerian dan lembaga pada tahun ini. Apalagi, Presiden Jokowi meminta banyak aturan dan juga pelaksanaan APBN dimajukan dari yang waktu seharusnya.

"Kemudian di satu sisi pada kuartal III kemarin atau Agustus kami lakukan pemotongan, jadi denominasi atau pembaginya menurun sementara yang di atasnya nomeratornya lebih tinggi lebih cepat sehingga pada akhir tahun kita bisa dapat situasi di mana jumlah belanja bisa lebih dari 5%," tambahnya.

"Jadi yang biasanya tidak terbelanjakan 5% itu bisa menurun jadi 2%, dan itu positif karena kalau dilihat dari kuartal III belanja Pemerintah dianggap melambat itu tentu jadi kompensasi," sambungnya.

Penyerapan belanja pemerintah yang sebesar 95% itu termasuk yang sudah direvisi sebelumnya. "Tapi kami tadinya dari Kemenkeu anggap akan ada pola yg sama, walau di revisi masih ada 5% tidak terbelanjakan. Tapi kalau lihat dari pola belanja sekarang sepertinya lebih tinggi," tukasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini