Image

Sri Mulyani: Saya Tak Peduli Kantor Besar Google di Mana!

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 09 November 2016, 09:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 09 20 1536649 sri-mulyani-saya-tak-peduli-kantor-besar-google-di-mana-QRbL3IGeNO.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan, perusahaan berbasis teknologi Google harus membayar pajak di Indonesia.

Baginya ketegasan ini cukup adil, mengingat Google memiliki pendapatan selama beroperasi di Indonesia, tidak peduli di mana server-nya dibangun.

"Makanya kalau kami dengan perusahaan seperti Google. Saya akan mengatakan kepada mereka, ‘If you make money here, is just fair for you to paid tax here. I don’t care where your headquarter is’," tegasnya, Selasa 8 November 2016 malam.

"This is not acceptable untuk suatu aktivitas ekonomi yang sumbernya di sini yang hasilnya dari sini, source-nya di sini, yang men-generate aktivitas di sini. And then Anda record-kan di tempat yang disebut tax heaven dan kemudian no zero tax sama sekali," jelas Sri.

Dia menyebut, mungkin bisa saja secara legal Google lolos dengan pengacara dan akuntan yang baik. Namun dari sisi moralitas, penghindaran pajak tidak bisa diterima.

Menurut mantan pejabat Bank Dunia ini, pengejaran terhadap perusahaan yang menghindari pajak adalah tugas yang besar. Untuk itu, diperlukan kerja sama agar kejadian penghindaran pajak tidak terjadi lagi.

"Dari sisi moralitas juga enggak bisa diterima. Mungkin secara legal bisa, karena Anda bisa menggandeng akuntan dan lawyer yang baik. Tapi secara moral jelas itu tidak akan bisa diterima," pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini