PT Pos Jadi Platform E-Commerce Logistik Nasional

Hendra Kusuma, Jurnalis · Kamis 10 November 2016 19:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 10 320 1538370 pt-pos-jadi-platform-e-commerce-logistik-nasional-TmMAm15WUX.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah telah memutuskan PT Pos Indonesia (Persero) untuk menjadi platform e-commerce sektor logistik nasional. Keputusan tersebut telah diputuskan pada sidang kabinet paripurna beberapa waktu lalu.

"Nanti tentunya ibu BUMN (Rini Soemarno) yang akan menjelaskan dan mengimplementasikan bagaimana caranya ini, tahapannya, tentunya kominfo bidang pos akan mewadahi," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Saat ini, kata Rudiantara, progres realisasi transformasi PT Pos Indonesia masih dalam tahap regulasinya, yang nantinya tidak hanya sebagai perusahaan pengantar dokumen tetapi juga ke logistik.

"Jangan lupa 20% dari PDB kita direfleksikan oleh logistik sehingga logistik ini menjadi penyebab tidak efisiennya ekonomi di Indonesia. Nah kalau itu dilakukan reposisi, maka itu akan membantu mengurangi kontribusi logistik terhadap PDB Indonesia," tambahnya.

Transformasi PT Pos Indonesia sebagai platform logistik nasional dimasukkan dalam paket kebijakan ekonomi jilid XIV yang menyoal roadmap e-commerce.

"Yang penting satu kita mereposisi PT Pos dulu saja jadi logistik platform buat e-commerce. Pasti kalau lebih murah dan lebih efisien, dengan sendirinya akan memilih itu. Saya kan regulator untuk pos. nanti bisa regulasinya disesuaikan untuk ke sana," tandasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini