Share

BPN: Deregulasi Jadi Kunci Selamatkan Indonesia dari Krisis Air

Hendra Kusuma, Jurnalis · Senin 14 November 2016 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 14 320 1540747 bpn-deregulasi-jadi-kunci-selamatkan-indonesia-dari-krisis-air-8Ku8ncSjTt.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala BPN Sofyan Djalil menyebutkan, dalam menyelamatkan hutan, tanah dan air dari zona krisis harus didukung oleh aturan atau regulasi yang baik.

Saat ini, kata Sofyan, regulasi yang ada masih belum optimal dalam menyelamatkan hutan, tanah dan air. Begitupun dengan pengelolaannya.

"Seperti Hak Guna Usaha (HGU), selama ini HGU tidak berlaku di pinggiran sungai sekitar 200-300 meter, cuma mudahnya pemda memberikan open akses masih menjadi kendala," kata Sofyan saat acara Dialog Nasional Gerakan Nasional Penyelamatan Air di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (14/11/2016).

Sofyan melanjutkan, pemerintahan kabinet kerja di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menderegulasikan aturan-aturan yang selama ini justru menghambat perekonomian.

Setidaknya, sambung Mantan Menko Perekonomian ini, ada sekira 42 ribu aturan yang harus dideregulasi. "Presiden Trump juga masih fokus deregulasi meskipun Amerika negara liberal, karena deregulasi itu bisa meningkatkan perekonomian," tambahnya.

Lanjut Sofyan, dalam menyelamatkan air, tanah, dan hutan dari zona krisis ada cerita unik, yang mana Menteri Pertahanan yang pernah membeli lahan open akses (pinggir sungai) seluar 12 hektare guna menjaga hutan.

"Jadi beliau membeli untuk menjaga hutan yang ada, karena selama ini sungai itu tidak boleh ada bangunan," tandasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini