Berkat Peran Media Sosial dalam Bisnis, Starbucks Mampu Bangun Kerajaan

Rabu 16 November 2016 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 16 320 1543306 berkat-peran-media-sosial-dalam-bisnis-starbucks-mampu-bangun-kerajaan-JIC3kMpxGY.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Kekuatan media sosial dalam memperkuat brand suatu bisnis harus dimanfaatkan. Namun, tak jarang pelaku usaha masih belum dapat memanfaatkan secara maksimal peran media sosial dalam bisnis.

Chairman and President South East Asia DM-IDHolland Daniel Surya mengatakan, dalam hal ini, apakah masyarakat telah menyadari peranan kuat jejaring sosial sebagai tool atau alat yang mereka pakai untuk memperkuat sebuah brand? Sekarang ini, jejaring sosial tidak hanya dijadikan sebagai media pertemanan, melainkan juga sebagai lahan bisnis yang menguntungkan.

Banyak pemilik brand besar, memanfaatkan jejaring sosial sebagai bisnis enabler-nya. Seperti Starbucks, Sour Sally, Walls (Magnum), Coca-Cola, BlackBerry, dan masih banyak lainnya.

β€œMari kita menilik contoh brand sukses yang tak luput dari peranan sosial media network, yaitu Starbucks. Hanya dengan produk kopi yang sebenarnya masyarakat banyak dapati di manapun, Starbucks mampu membangun kerajaan bisnisnya hingga mendunia dan menjadi salah satu prominent global brand. Padahal, banyak orang berpendapat bahwa produk kopinya bukanlah suatu konsumsi yang murah,” tulisnya.

Hanya dengan selembar uang rupiah dengan nominal kecil, seharusnya seseorang sudah dapat menikmati seduhan nikmatnya segelas kopi. Namun, dibutuhkan puluhan lembar untuk mendapatkan segelas kopi Starbucks. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Tentu saja Starbucks telah memiliki brand platform yang sangat kuat. Dengan demikian, kekuatan brand-nya dapat mudah melekat pada masyarakat dunia.

Namun, tentu saja Starbucks tidak luput dari strategi pemasaran melalui jejaring sosial yang kini sedang naik daun untuk memperkuat kerajaan bisnisnya tersebut.

Dapat kita lihat pada websitenya yang menyajikan berbagai informasi yang sangat informatif dan menarik sehubungan dengan produk yang ditawarkannya. Selanjutnya, Starbucks juga memiliki Twitter dan Facebook yang menjangkau seluruh penggemarnya di seluruh dunia.

Hal ini tentu saja membuat kerajaan bisnisnya semakin populer di belahan dunia manapun dengan cara yang lebih efektif, cepat,dan mudah. Adapun kekuatan social network terhadap suatu brand ini disebabkan beberapa faktor.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini