INSPIRASI BISNIS: Bakpao Karakter Kartun Raup Omzet Rp 10 Juta/Bulan

Bambang Irawan, Jurnalis · Kamis 17 November 2016 05:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 11 16 320 1543378 inspirasi-bisnis-bakpao-karakter-kartun-raup-omzet-rp-10-juta-bulan-iL3xLlj8Cp.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bakpao, merupakan makanan ringan berbentuk bulat, berwarna putih, dan memiliki tekstur yang lembut. Bakpao sering dijajakan menggunakan gerobak dengan sajian yang standar. Namun, di Palembang ada pebisnis kuliner yang terbilang kreatif dengan melakukan kreasi terhadap tampilan bakpao agar lebih menarik bagi konsumen sehingga bisa meraup hingga Rp10 juta per bulan.

Jika biasanya bakpao hanya disajikan dengan bentuk bulat, Hartono Thang mampu memanfaatkan peluang dengan membentuk bakpao buatannya dengan berbagai karakter yang lucu dan unik. Hal itu membuat banyak kalangan anak muda dan remaja kekinian tertarik untuk membeli bakpao olahannya.

"Sebenarnya, awalnya kita membuat bakpao klasik yang warna putih, tapi ketika saya lihat ada tren penyuka kartun lalu saya inisiatif membuat karakter di bakpao dan untungnya diterima masyarakat Palembang," ujar Hartono.

Kreasi bakpao karakter itu sendiri dipatok dengan harga Rp6 ribu hingga Rp9 ribu. Harganya yang berada di atas rata-rata bakpao klasik tidak terlepas dari cara pembuatannya yang sedikit lebih rumit daripada bakpao biasa, sebab jika sudah dibuat, bakpao tersebut harus segera dibentuk karakternya. Pasalnya jika tidak langsung dibentuk maka karakter yang akan terbentuk hasilnya tidak akan mulus.

Pelanggan yang biasa membeli bakpao di tempat Hartono, mengakui tertarik dengan bentuk khas yang tersaji pada bakpao buatan Hartono. "Ke sini saya beli bakpao karena banyak kartun yang dibuat bakpao untuk keluarga terutama adik saya pokoknya suka bakpao. Harganya pun terjangkau sesuai rasa," ujar Rita Vanesa.

Selain dipasarkan di Palembang, kreasi bakpao karakter kartun itu juga dijual ke beberapa daerah seperti Jakarta, Padang, Aceh, dan Surabaya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini