Image

Korsel Khawatirkan Impor Baja dari China

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 17 November 2016, 11:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 17 320 1543780 korsel-khawatirkan-impor-baja-dari-china-JXhNutW2Rj.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA – Investor asal Korea Selatan (Korsel) mengkhawatirkan masuknya berbagai produk baja dari China ke Indonesia yang dijual dengan harga murah.

Kondisi tersebut dinilai akan merusak kompetisi dan mengganggu iklim investasi di dalam negeri. Kekhawatiran tersebut mengemuka saat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menghadiri pertemuan produsen baja Korea Selatan, Pohang Iron and Steel Company (Posco), dengan para pelanggannya di Songdo, Incheon, Korea Selatan, awal pekan ini.

Kepala BKPM Thomas Lembong yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, investor Korsel yang bergerak di bidang industri manufaktur itu menyampaikan rencananya untuk memperluas bidang usaha, berupa turunan dari produk yang dihasilkan.

Pada kesempatan tersebut BKPM mengidentifikasi minat investasi perusahaan Korsel yang berniat untuk melakukan perluasan di bidang industri kimia senilai USD127 juta. ”Produk-produk yang akan dihasilkan dari rencana investasi tersebut masih memiliki nilai importasi yang tinggi, yaitu sebanyak 90%,” ujar Thomas, mengutip investor Korsel tersebut dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Terkait kekhawatiran calon investor Korsel tersebut, Thomas menyatakan, pemerintah akan membantu untuk memfasilitasi rencana investasi tersebut, terlebih lagi produk yang akan dihasilkan adalah substitusi impor. Sementara, Pejabat Promosi Investasi BKPM Seoul Imam Soejoedi mengatakan, pihaknya siap menindaklanjuti rencana investasi perusahaan Korsel tersebut, sekaligus mendiskusikan berbagai detail terkait permasalahan yang sedang dihadapi agar rencana investasi dapat direalisasikan dengan cepat.

”Tim kami di Korsel sudah menerima arahan dari Kepala BKPM dan akan terus menindaklanjuti minat investasi tersebut sehingga kami dapat mencarikan solusi terbaik bagi investor,” ujar Imam.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini