nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

INSPIRASI BISNIS: Nekat Resign, Wanita Ini Sukses Jual Ketan Fla Durian

Bambang Irawan, Jurnalis · Jum'at 18 November 2016 06:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 17 320 1544477 inspirasi-bisnis-nekat-resign-wanita-ini-sukses-jual-ketan-fla-durian-yj72FNEiGR.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

PALEMBANG - Durian selain dimakan langsung, buah ini bisa dikreasikan dalam berbagai varian kue. Salah satunya dikreasikan menjadi kue tradisional palembang, yakni ketan jelly fla durian.

Berkat kreasi ini seorang ibu rumah tangga di Palembang nekat berhenti sebagai karyawan perusahaan dan menjalani profesi sebagai pembuat kue berbahan durian.

Seorang ibu rumah tangga Ratna Timur atau sering dipanggi Nana, memodifikasi kue ketan durian, dengan fla dan jelly. Untuk membuat kue dengan farian ini, bahan yang dibutuhkan, ketan, tepung, gula aren, susu cair, jelly, gula pasir, santan, mentega, garam dan tentunya buah durian.

Di awali dengan ketan yang sudah dicuci lalu direndam salama satu jam, kemudian dikukus, dilanjutkan membuat fla atau saus, serta cream untuk hiasan atas kue. Bagian tersulit saat membentuk bagian atas kue setelah ketan matang, lalu dibentuk dengan cetakan, atau bisa menggunakan loyang, lalu dilapisi bagian atasnya dengan fla, dinginkan beberapa saat.

"Barulah dihias menggunakan cream jelly. bagian ini yang tersulit, karena membutuhkan kesabaran dan ketelitian, agar bentuk yang kita inginkan dapat sempurna," ujarnya.

Dirinya mengatakan, awal mulanya karena banyaknya permintaan durian. Apalagi banyak diminati terutama oleh keluarga dan teman-teman di acara-acara arisan dan selamatan.

Harga kreasi ini dijual mulai Rp150 ribu hingga Rp200 ribu tergantung ukuran, kreasinya ini tidak hanya banyak pesanan di Palembang, namun juga beberapa kabupaten di Sumatera Selatan. Dirinya pun menggunakan sosial media untuk memasarkan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini