nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

INSPIRASI BISNIS: Souvenir Cantik dari Tepung Jagung Beromzet Rp3 Juta/Bulan

Bambang Irawan, Jurnalis · Minggu 20 November 2016 08:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 19 320 1545846 inspirasi-bisnis-souvenir-cantik-dari-tepung-jagung-beromzet-rp3-juta-bulan-vibjgZeKbE.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

PALEMBANG - Seorang ibu rumah tangga di Palembang, Faila Ulfa kini sedang menikmati manisnya hasil kreasi membuat boneka dan souvenir cantik. Siapa sangka buah karyanya ini memanfaatkan bahan tepung jagung, yang ternyata tahan lama dan aman jika terjangkau tangan anak-anak.

Puluhan suvenir berupa boneka cantik, gantungan kunci bahkan replika makanan khas Palembang seperti pempek dan mie celor tersusun rapi digerai sederhana, di jalan Cendana, komplek Amen Mulya blok ff 50 Jakabaring, Palembang, sumatera selatan.

Faila Ulfa, 34 tahun, yang menggeluti usaha ini tiga tahun terakhir. bahkan kini, Faila menularkan kemampuannya kepada para tetangga, yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Idenya berawal saat, sering membantu sang anak mengerjakan tugas prakarya dari sang guru. Siapa sangka, Faila akhirnya menemukan tepung jagung sebagai bahan utama pembuatan boneka dan suvenir lainnya.

Tepung tersebut dicampur dengan lem dan ditambahkan pewarna makanan. Proses selanjutnya, faila mengaduk bahan tersebut hingga kalis selama dua puluh menit.

Proses tersulit adalah membentuk karakter yang diinginkan, sebab memerlukan kesabaran dan ketelitian agar hasilnya sempurna. untuk memperkuat kreasi agar tahan lama bisa dilakukan pernis secukupnya. Selain Palembang, kreasinya juga terjual di Pekanbaru, Bangka Belitung , Jambi, Jakarta dan Makassar.

"Kalau kirim sudah banyak yang keluar-keluar daerah seperti Pekanbaru bangka pokoknya sering ya, harganya kisaran mulai Rp10 ribu sampai Rp30 ribu jadi omzet saya minimal Rp 3 juta per bulannya," ujar Faila.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini