Image

SURVEI OKEZONE FINANCE: Korupsi Ditjen Pajak Hantui Kepercayaan Publik

Tim Riset Okezone Finance, Jurnalis · Senin 28 November 2016, 13:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 28 20 1553090 survei-okezone-finance-korupsi-ditjen-pajak-hantui-kepercayaan-publik-RyOKbfZKwS.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan dua orang tersangka dalam kasus dugaan suap pengamanan sejumlah kewajiban pajak negara. Pertama adalah Handang Sukarno selaku Kasubdit Bukti Permulaan ‎Direktorat Penegakan Hukum pada Ditjen Pajak sebagai penerima suap. Kemudian, Presdir PT E.K Prima Eksport Indonesia Rajesh Rajamohanan‎ Nair sebagai pemberi suap.

Kedua tersangka tersebut ditangkap oleh tim Satgas KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Senin 21 November 2016 malam di Springhill Residence, Kemayoran, Jakarta Pusat, usai serah terima uang suap sebesar Rp1,9 miliar. Uang tersebut diduga untuk mengurus sejumlah kewajiban pajak perusahaan.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pun menegaskan, tindak korupsi yang berada di tubuh Direktorat Jenderal Pajak (Dijen Pajak) harus segera diperangi bersama. Untuk itu dia mengapresiasi KPK yang telah berhasil melakukan OOT Pegawai Pajak.

"Saya sangat menghargai langkah KPK seperti saya sebutkan bahwa penyakit korupsi dan ketamakan dari staf di Kemenkeu harus diperangi," kata Sri Mulyani saat berkunjung di Kompleks Istana, Jakarta.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pun menegaskan, pemerintah akan melakukan pembersihan kepada Ditjen Pajak secara lebih giat. Hal ini dilakukan agar kepercayaan masyarakat kepada Ditjen Pajak kembali pulih.

"Kepercayaan adalah hal yang paling penting. Seperti yang saya sampaikan ini adalah langkah-langkah yang akan kami lakukan secara konsisten. Yaitu apabila dilakukan di dalam kita lakukan evaluasi," kata Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan.

Menurut Ekonom Universitas Indonesia Berly Martawardaya, Ditjen Pajak harus terus berbenah diri , baik dari sistem maupun personelnya. Selain itu, juga harus dicari juga penyebab yang melatarbelakangi kasus tersebut. “Peluang apa ada hingga oknum itu bisa menerima penyuapan. Harus dicari bagaimana menutup celah tersebut. Jadi pengawasan harus ditingkatkan,” ujarnya.

Dalam Survei Okezone Finance kali ini, sejumlah topik terkait dugaan korupsi oleh pegawai pajak ditanyakan kepada para analis, pengamat, praktisi, pihak terkait lainnya.

(Next page)

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini