Share

Mantan PM Italia Ingin Perkuat Hubungan dengan ASEAN

ant, Jurnalis · Senin 28 November 2016 22:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 28 320 1553651 mantan-pm-italia-ingin-perkuat-hubungan-dengan-asean-IyraGyUnlY.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mantan Perdana Menteri Italia Enrico Letta mengunjungi Jakarta selama dua hari pada 27-28 November 2016 dengan misi untuk memperkuat hubungan Italia dengan Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

"Dalam kunjungan dua hari di Jakarta, saya mengemban misi untuk memperkuat hubungan Italia dan ASEAN, khususnya dalam sektor ekonomi," kata Letta yang merupakan pendiri kerja sama Italia-ASEAN pada 2015 lalu, di Jakarta, Senin.

Letta juga mengaku telah menemui Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh di kantornya di Jakarta, untuk bertukar pikiran dan merencanakan mengadakan forum Italia-ASEAN pada 2017 mendatang.

"Pada 2017 mendatang, ASEAN tepat berusia 50 tahun dan kami ingin mempergunakan kesempatan itu untuk memperkuat hubungan dengan kawasan ASIA Tenggara dengan menyelenggarakan forum Italia-ASEAN sebanyak dua kali," katanya lagi.

Pertemuan pertama, lanjut dia, akan dilaksanakan di Jakarta pada Mei 2017 mendatang, dan yang kedua akan dilaksanakan di Milan, Italia. Namun dia tidak menjelaskan lebih lanjut kapan dilaksanakan pertemuan di kota mode tersebut.

Dalam dua pertemuan itu, Letta menjelaskan akan diisi dengan saling mempresentasikan kemungkinan investasi baik oleh negara anggota ASEAN ataupun oleh Italia sendiri.

"Dalam pertemuan di Jakarta, kami akan membawa banyak pelaku usaha Italia dengan tujuan bisa melihat kesempatan yang akan mereka dapatkan di ASEAN untuk berinvestasi, dan sebaliknya ketika di Italia, ini saya nilai penting bagi kedua belah pihak karena akan ada timbal balik di sana," ujarnya pula.

Bagi Indonesia sendiri, kata Letta, akan menguntungkan dengan diadakan forum ini di Indonesia, karena akan dengan mudah memperkenalkan peluang investasi di Indonesia.

"Dengan forum yang saya kampanyekan ini, saya ingin menegaskan Italia sangat yakin akan masa depan Indonesia dan ASEAN," katanya pula.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini