Image

Jelang Pertemuan The Fed, BI Diminta Siap Intervensi Rupiah

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 30 November 2016, 18:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 30 20 1555428 jelang-pertemuan-the-fed-bi-diminta-siap-intervensi-rupiah-4z5nR35xrR.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Federal Open Market Committee (FOMC) The Fed yang semakin dekat ditengarai sebagai salah satu penyebab melemahnya nilai tukar rupiah. Sebagaimana diketahu, Fed akan menggelar pertemuan pada 14 Desember mendatang.

Pada pertemuan tersebut, Fed berencana menaikkan suku bunga acuan. Hal inilah yang belakangan ini menekan nilai tukar rupiah.

Anggota Komisi XI Andreas meminta Bank Indonesia (BI) bersiap diri ketika nilai tukar rupiah jatuh terlalu dalam. Diharapkan, BI bisa intervensi di waktu yang tepat agar stabilitas nilai tukar tetap terjaga.

"Ya (harus siap intervensi) ketika volatilitasnya terlalu tinggi yang tidak sesuai fundamentalnya," kata dia di DPR, Rabu (30/11/2016).

Dia mengakui, menjelang pertemuan The Fed index dollar menguat terhadap seluruh mata uang dunia. Sehingga dia meminta BI mencermati bagaimana pergerakan nilai tukar setiap saat.

"Tentu yang bisa dilakukan intervensi dari 2 pihak , intervensi langsung ke pasar valuta maupun intervensi obligasi negara dan itu dua-duanya harus dilakukan, artinya BI punya tugas utama bagaimana menjaga agar rupiah sesuai fundamental nya, sekarang menurut BI fundamentalnya berapa itu yang harus dijaga," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini