Image

Tinggi Maksimal The Towers Miami Terhadang Aturan Penerbangan

Agregasi Rabu 30 November 2016, 15:49 WIB
https img o okeinfo net content 2016 11 30 470 1555219 tinggi maksimal the towers miami terhadang aturan penerbangan qwQItG3qKU jpg Foto: miamicurbed

JAKARTA - Biro arsitek kenamaan asal Inggris, Foster + Partners merilis rencana rancangan untuk dua menara kembar pencakar langit yang akan dibangun di kawasan Brickell, Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat.

Dua menara kembar ini saling terkoneksi dan merupakan apartemen mewah dengan total mencapai 660 unit.

Pencakar langit kembar ini akan dinamai The Towers dan memiliki tinggi mencapai 320 meter. The Towers akan menjadi bangunan tertinggi di Pantai Timur AS di luar kota New York.

Biasanya, gedung-gedung pencakar langit memang lebih banyak dibangun di New York, tepatnya di kawasan Manhattan, dibandingkan dengan kota-kota lainnya.

Meski begitu, sebenarnya ketinggian The Towers ini sudah maksimal dan malah bisa dikatakan terbatas karena aturan ketat penerbangan.

Badan Regulasi Penerbangan Amerika Serikat, FAA memang sempat menaikkan batasan ketinggian. Tetapi, tinggi bangunan di kota Miami memang terbatas terkait peraturan bandara udara.

Sebenarnya, The Towers akan memiliki 787 unit apartemen, tetapi karena tinggi menara dibatasi maka jumlah unit terpangkas 16 persen menjadi 660 unit.

Kompleks bangunan ini akan berdiri di atas tanah hanya seluas 1 hektar saja tepatnya di kawasan Teluk Brickell.

The Towers malah tidak memasukkan bagian podium parkir yang biasanya menjadi tipikal gedung pencakar langit di Miami. Bangunan ini lebih memilih lahan parkir di bawah tanah yaitu parkir basement.

Opsi ini akan membuat The Towers akan memiliki keleluasaan pada bagian ruang setara jalan untuk kepentingan umum termasuk ruang koneksi antara gedung.

Rencana groundbreaking atau peletakan batu pertama gedung belum ditentukan, karena tim pengembangan Foster + Partners masih mengajukan modifikasi untuk rencana lahan yang baru disetujui.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini