Image

Inner Harbour Bridge, Jembatan dengan Sistem Geser

Agregasi Rabu 30 November 2016, 16:20 WIB
https img o okeinfo net content 2016 11 30 470 1555257 inner harbour bridge jembatan dengan sistem geser K7rrwiHryY jpg Foto: e-architec.co.uk

JAKARTA - Sekilas tidak ada yang istimewa dari jembatan Inner Harbour Bridge ini, seperti jembatan pada umumnya di seluruh dunia.

Namun, jembatan ini bisa dibuka tutup dengan sistem geser seperti pintu alias sliding. Jembatan Inner Harbour Bridge ini terletak di ibukota Denmark, Copenhagen.

Pembangunan jembatan ini didanai oleh A.P. Moller Foundation. Inner Harbour Bridge sudah diresmikan sejak Agustus 2016.

Jembatan ini memiliki panjang 180 meter. Bagian yang dirancang untuk digeser sepanjang 50 meter. Lebar bagian jembatan geser adalah 8 meter.

Bagian jembatan yang terbuka dan digeser ini menggunakan mekanisme geser unik dengan bertumpu pada roda kembar yang berdiameter 1,8 meter. Uji coba jembatan geser ini sudah dilakukan sejak Agustus 2015.

Jembatan unik ini dirancang oleh biro arsitek asal Inggris, Studio Bednarski. Biro arsitek ini tergolong baru, baru berdiri pada 2001.

Inner Harbour Bridge dirancang untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda sebagai akses wilayah yang terpisahkan oleh kanal dekat pelabuhan Copenhagen.

Studio Bednarski memenangkan kompetisi desain ini pada 2009. Proses pengerjaan ini melibatkan para insinyur sipil spesialisasi jembatan dari Flint & Neill (Inggris), para insinyur mesin dari perusahaan Hardesty Hanover (Amerika Serikat), dan desainer lampu dari perusahaan Speirs & Major (Inggris).

Sementara bagian jembatan yang bisa digeser dikerjakan oleh perusahaan Vistal di Polandia, negara Eropa Timur yang berjarak ribuan kilometer dari Denmark.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini