Image

Dampak Pilpres Amerika, BI: Market Sedang Bingung

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2016, 10:34 WIB
https img o okeinfo net content 2016 12 01 20 1555851 dampak pilpres amerika bi market sedang bingung p8sOXhAPA8 jpg BI: Market Sedang Bingung (Foto: Dedy/Okezone)

JAKARTA - Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) beberapa waktu terakhir turut memberikan efek bagi pasar global. Para pelaku pasar pun masih menunggu kepastian kebijakan yang akan dikeluarkan oleh Trump.

Hanya saja, keadaan ini dinilai tak akan memberikan pengaruh besar bagi pasar domestik maupun global dalam jangka panjang. Menurut Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia Mirza Adityaswara, efek ini hanya dirasakan dalam jangka pendek hingga Trump mengumumkan program-programnya secara resmi.

"Periode ini hanya sementara saat market sedang bingung," tuturnya dalam acara Seminar Arah Kebijakan BI 2017 di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Khususnya untuk Indonesia, lanjutnya, BI masih menunggu hingga akhir tahun untuk melihat keadaan pasar dan proyeksi pada tahun 2017. Kenaikan suku bunga the Fed juga masih dinanti seiring dengan terpilihnya Trump sebagai Presiden Amerika Serikat.

"Kita belum tahu mengenai kebijakan Trump . Kita tunggu di sampai Desember, the Fed juga seperti apa," tutupnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini