Image

Cabai, Rokok, hingga Sayur Sumbang Inflasi November

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2016, 11:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 01 20 1555943 cabai-rokok-hingga-sayur-sumbang-inflasi-november-2PEoC7TxDl.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa pada November 2016 lalu terjadi inflasi sebesar 0,47% . Inflasi ini lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya (month to month) sebesar 0,14%.

Menurut Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo, kenaikan inflasi ini disebabkan oleh cuaca yang saat ini telah mulai memasuki puncak musim penghujan. Akibatnya, terjadi kelangkaan pada sayuran hingga cabai.

"Inflasi untuk sektor pertanian disebabkan oleh cabai dan bawang. Ini juga karena musim hujan," tuturnya di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Akibat kenaikan harga bawang, cabai hingga sayuran, kelompok bahan makanan mengalami inflasi sebesar 1,66%. Kenaikan ini merupakan yang tertinggi dibandingkan sektor lainnya.

Selain itu, rokok juga berdampak pada kenaikan inflasi. Hal ini juga disebabkan karena tingginya konsumsi rokok pada setiap daerah di Indonesia.

"Untuk makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau terjadi inflasi sebesar 0,25%. Selain itu, inflasi juga disebabkan kenaikan dari sektor perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,16%," tutupnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini