Image

Ditjen Pajak Sosialisasikan Tax Amnesty di Thamrin City

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2016, 13:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 01 20 1556076 ditjen-pajak-sosialisasikan-tax-amnesty-di-thamrin-city-qtEvHK5Q1T.jpg Sosialisasi tax amnesty. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) siang ini mengadakan sosialisasi pengampunan pajak (tax amnesty) kepada UMKM di mal Thamrin City. Adapun tema yang diusung pada kegiatan sosialisasi kali ini adalah Suara Pajak Sahabat UMKM.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama mengatakan sosialisasi ini dilakukan karena semua warga negara Indonesia memiliki kewajiban yang sama termasuk UMKM. Apalagi UMKM merupakan penyumbang terbesar perekonomian Indonesia terbesar yakni sekitar 70% dari PDB.

"Kami ingin mengajak yang ada di Thamrin City, kita punya kewajiban yang sama, yang merupakan pengusaha UMKM yang butuh penyuluhan. UMKM menyumbang 70% dari PDB. Begitu pentingnya UMKM tentunya dihubungkan untuk bayar pajak," ujarnya di Thamrin City, Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Guna menarik minat para UMKM untuk mengikuti tax amnesty, kata Yoga, pemerintah juga memberikan aturan yang ringan bagi para UMKM. Di mana UMKM hanya cukup dikenakan tarif 0,5% dari penghasilan. Selanjutnya setelah ikut tax amnesty, akan dikenakan tarif 1%.

"Pemerintah berikan aturan yang ringan, sudah diatur pengusaha besar pembukuan. UKM cukup membayar 1% dari penghasilan untuk PPh," tuturnya.

Selain itu, membayarnya tidak perlu antre di kantor Pajak ataupun bank, karena bisa melakukan bayar via ATM. Terpenting adalah UMKM tidak akan dikenakan denda. "Membayarnya pun ringan enggak perlu antre di bank tapi bisa pakai ATM. Akan dihapus keberatan sanksinya. Enggak akan didenda," sebutnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini