Image

Bahas Inflasi dengan Jokowi, Ini Hasilnya

Hendra Kusuma, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2016, 16:49 WIB
https img okeinfo net content 2016 12 01 20 1556311 bahas inflasi dengan jokowi ini hasilnya 9IgZvezm07 jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku baru saja membahas mengenai inflasi bersama Presiden Jokowi usai pengumuman inflasi oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

BPS hari ini merilis data indeks harga konsumen (IHK) atau inflasi sepanjang November 2016 lalu. Menurut catatan BPS, sepanjang November lalu terjadi inflasi sebesar 0,47% atau lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 0,14%.

Sementara itu, inflasi pada tahun kalender tercatat sebesar 2,59%, dan inflasi tahun ke tahun (year on year/yoy) sebesar 3,58%. Sedangkan inflasi komponen inti yoy tercatat sebesar 3,07% atau terendah sejak tahun 2004.

Lanjut Darmin, tingginya angka inflasi pada November 2016 lantaran tingginya harga pangan, meskipun hampir semua komponen harganya naik, kecuali sandang.

"Ada karena cuaca memang jelek sehingga cabai dan bawang agak busuk. Sehingga produksinya turun, harganya naik. Tapi ada yang naiknya sedikit tapi bertahan terus, gula, daging, masih tetap tinggi. Kita membicarakan itu saja," kata Darmin di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Mantan Dirjen Pajak ini menyebutkan, Presiden Jokowi meminta masalah tingginya beberapa harga pangan tidak dijawab dengan impor, melainkan diantisipasi dengan langkah-langkah atau kebijakan yang tepat.

Salah satu langkah awal, kata Darmin, ingin menyamakan data yang sampai saat ini masih diperdebatkan antara BPS dan kementerian terkait. "Kita mau dudukkan dulu lah, sampelnya gimana sih ini sebenarnya. Kok sini bilang sekian, sana umumkan sekian. Setelah itu kita baru susun kebijakannya, minggu depan kita rakor-kan," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini