Image

OPEC Pangkas Produksi Minyak, Menkeu: Beri Dampak Positif ke Penerimaan Negara

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2016, 20:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 12 01 20 1556523 opec-pangkas-produksi-minyak-menkeu-beri-dampak-positif-ke-penerimaan-negara-sOTsKBybEG.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan dampak sidang OPEC yang meminta agar Indonesia untuk memangkas sekira 5% atau 5 ribu barel per hari dari produksinya tidak akan terlalu memberikan dampak berarti pada Tanah Air. Soalnya, pemerintah tetap akan memiliki komitmen untuk memproduksi minyak sesuai dengan yang tertuang dalam APBN 2016 yaitu 815 ribu barel per hari.

"Kalau pembekuan itu dalam artian bahwa Menteri ESDM memutuskan itu bahwa berarti kita tetap akan memiliki komitmen untuk memproduksi jumlah minyak sesuai dengan dalam asumsi APBN kita yaitu 815 ribu barel per hari. Maka tentu tidak akan terlalu mempengaruhi. Paling tidak dari volume produksi," ujarnya di Ditjen Pajak Pusat, Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Namun, Sri menerangkan, yang harus disimak secara seksama adalah hasil sidang OPEC yang melakukan pemangkasan terhadap produksi minyak mentah. Langkah ini diperkirakan akan menyebabkan harga minyak mentah dunia meningkat. Alhasil, kenaikan harga ini akan memberikan dampak positif dari sisi penerimaan negara.

"Keputusan OPEC dilakukan pada last-last minute. Jadi ini adalah suatu elemen surprise dari OPEC untuk bisa bersama-sama menyepakati pemotongan jumlah produksi yang kemudian diharapkan kemudian akan memberikan dampak terhadap harga minyak dunia seperti yang diharapkan oleh OPEC dari tingkat yang sekarang ini. Dan tentu saja kenaikan harga minyak akan memberikan dampak positif dari sisi penerimaan negara," paparnya.

Selain itu, guna memaksimalkan agar penerimaan negara yang telah dipatok dalam APBN 2016 bisa tercapai secara maksimal, maka pemerintah juga dipastikan akan tetap giat memaksimalkan mencari penerimaan negara. Mulai dari menggenjot penerimaan dari sumber-sumber yang rutin dilakukan hingga upaya lebih seperti tax amnesty.

"Ya tetap melakukan saja tugas kita mencari semua penerimaan negara yang dari sisi rutin maupun ekstra effort termasuk tax amnesty untuk minggu ini," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini