Image

Minyak Mentah Menguat, Pasar Saham Asia Naik Tipis

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2016, 08:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 01 278 1555759 minyak-mentah-menguat-pasar-saham-asia-naik-tipis-cmRpPOqBDB.jpg Ilustrasi indeks Asia. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pasar saham Asia dibuka naik tipis, seiring kenaikan minyak mentah dunia pasca pertemuan OPEC. Meski demikian, kenaikan yang terjadi tidak besar, lantaran pasar saham Amerika masih mengalami tekanan.

Ekuitas Asia, pasar saham Australia naik 0,7% dan pasar saham Jepang, Nikkei N225, naik lebih dari karena yen Jepang melemah mencapai puncak 11-bulan. Indeks MSCI dari pasar saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,1%.

Pasar saham Asia gagal menarik banyak insentif dari Wall Street, karena pasar saham Amerika tersebut sebagian besar berakhir lebih rendah terutama pada sektor utilitas dan teknologi mengimbangi lonjakan energi ini.

Di sisi lain, harga minyak mentah, dolar AS dan yield obligasi Amerika naik tajam seiring dengan langkah OPEC untuk memangkas produksi minyak mentah mereka. OPEC sepakat untuk memangkas output yang pertama sejak 2008, dengan Arab Saudi menerima pemotongan besar pada produksinya.

Selain OPEC, negara Non-OPEC Rusia juga akan bergabung untuk memangkas output untuk pertama kalinya dalam 15 tahun guna membantu OPEC mendorong harga minyak.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini