Share

Pembangunan Daerah Perbatasan Tak Cukup Hanya Pendekatan Keamanan

Trio Hamdani, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2016 09:43 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 01 320 1555790 pembangunan-daerah-perbatasan-tak-cukup-hanya-pendekatan-keamanan-kVGepolPOX.jpg Ilustrasi investasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Daerah-daerah perbatasan saat ini belum masuk perhitungan para investor sebagai tempat berinvestasi yang potensial. Padahal peran pelaku usaha yang berinvestasi di perbatasan sangat diperlukan untuk mendorong laju ekonomi kawasan.

"Pembangunan daerah perbatasan tidak cukup hanya dengan pendekatan keamanan dan kesejahteraan. Pendekatan ekonomi perlu diperkuat dengan mendorong tumbuhnya investasi di daerah perbatasan," ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Akan tetapi, dia mengimbau agar investasi yang masuk ke pedesaan harus memperhatikan berbagai hal. Oleh karena itu, Eko mengatakan perlu dibuat aturan-aturan terkait investasi di daerah perbatasan.

“lnvestasi di perbatasan tentu harus sesuai dengan potensi dan peluang yang dimiliki. Utamanya, investasi yang masuk harus memerhatikan kelestarian lingkungan dan kearifan lokal. Perlu dibuat regulasi khusus yang dapat menarik dan memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha di daerah perbatasan,” terangnya.

Karena itu, hari ini digelar Forum Bisnis dan investasi di Perbatasan yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa. Menurut Menteri Eko, forum ini menjadi ajang untuk mempertemukan para Kepala Daerah dari 41 Kabupaten/Kota di daerah perbatasan dengan para pelaku usaha untuk berinvestasi di daerah perbatasan. Forum ini merupakan lanjutan dari forum serupa yang digelar tahun lalu, yakni Border Investment Summit 2015.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini