Image

Rusun Jadi Alternatif Prioritas Hunian untuk MBR

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2016, 10:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 01 470 1555854 rusun-jadi-alternatif-prioritas-hunian-untuk-mbr-ZKwkJ54zWB.jpg Ilustrasi

BEKASI - Untuk mencapai target Program Sejuta Rumah, pembangunan rumah susun dinilai bisa menjadi alternatif prioritas bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terutama di perkotaan.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin mengatakan, pembangunan apartemen atau rusun juga bisa mendorong tercapainya target program tersebut.

"Rusun bisa memenuhi kebutuhan akan rumah, rusun bukan lagi pilihan tetapi alternatif prioritas," jelas Syarif seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Kamis (1/12/2016).

Sementara itu Direktur Utama PT PP Properti Tbk Taufik Hidayat mengungkapkan, pembangunan Apartemen Riverview Residence di Kawasan Industri Jababeka, Desa Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, menjadi salah satu dukungan terhadap Program Sejuta Rumah.

“Dukungan tersebut kami wujudkan dengan membangun Riverview Residence yang terdiri dari empat tower dan untuk Tower Mahakam sudah habis terjual atau sold out,” katanya.

Untuk sekadar diketahui, Apartemen Riverview Residence merupakan proyek kerjasama antara PP Properti dengan PT Kawasan Industri Jababeka TBk. Nilai investasi awal di luar konstruksi mencapai Rp75 miliar dan biaya konstruksinya sendiri per tower sekira Rp150 sampai Rp200 miliar. Dari total hunian yang dibangun 20-30 persennya adalah tipe 21 dan 70-80 persennya merupakan tipe 42.

Terdapat empat tower yang akan dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektare dengan total unit hingga 3.600 unit. Secara keseluruhan pembangunan Riverview Residence akan selesai pada 2021. (fir)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini