Image

Pembangunan Rusun Bantu Realisasikan Pencapaian Program Sejuta Rumah

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2016, 13:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 01 470 1556057 pembangunan-rusun-bantu-realisasikan-pencapaian-program-sejuta-rumah-6LNQvqBjD1.jpg Ilustrasi: Okezone

BEKASI – Pembangunan apartemen murah atau rumah susun (Rusun) sangat membantu tercapainya target program satu juta rumah. Disamping itu Rusun menjadi alternatif utama bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) terutama yang tinggal diperkotaan.

"Rusun bisa memenuhi kebutuhan akan rumah, Rusun bukan lagi pilihan tetapi alternatif prioritas," jelas oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin seperti dilansir dari lama resmi Kementerian PUPR, Kamis (1/12/2016).

Dia menambahkan bahwa kebutuhan rumah lebih banyak di masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) namun dalam Program Satu Juta Rumah, tidak hanya membangun rumah bagi MBR tapi juga bagi non MBR. Pada tahun ini pemerintah menargetkan membangun rumah bagi MBR sebanyak 700.000 unit dan 300.000 untuk non MBR.

Untuk membantu masyarakat memiliki rumah layak huni, lanjut Syarif, pemerintah memberikan kemudahan dengan menetapkan uang muka sebesar 1 persen dan jangka waktu angsuran cicilan hingga 20 tahun dengan bunga tetap 5 persen. Bahkan pemerintah pun memberikan fasilitas bantuan uang muka (BUM) sebesar Rp4 juta secara tunai.

Ia menambahkan bahwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2010 jumlah kekurangan rumah (backlog) sekitar 13,4 juta unit dan pada 2015 jumlah backlog berkurang menjadi 11,4 juta unit. “Kalau melihat data tersebut, artinya terjadi pertumbuhan jumlah perumahan setiap tahun,” katanya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini