Image

Singapura Jadi Percontohan Penerapan PTSP Izin Bangunan

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2016, 15:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 12 01 470 1556211 singapura-jadi-percontohan-penerapan-ptsp-izin-bangunan-Clq152Yd2z.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Singapura menjadi salah satu negara percontohan penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Executive Director Jakarta Property Institute (JPI) Wendy Haryanto, Singapura dipilih untuk studi orientasi karena dianggap sebagai negara yang ramah investasi dengan proses perizinan usahanya yang cepat dan mudah.

"Tapi juga sangat memperhatikan aspek keamanan, kenyamanan, dan keberlanjutan lingkungan," kata Wendy saat temu media, di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Wendy menjelaskan, studi orientasi tersebut mencakup materi sistem perizinan mulai dari pendirian bangunan, mekanisme konversi pelayanan manual ke digital, pengintegrasian sistem dan kewenangan, dan pengawasan.

"Diharapkan bisa berkontribusi pengembangan kapasitas maupun kualitas sistem perizinan di DKI Jakarta, karena kita ketahui investasi di Jakarta tidak pernah berhenti sehingga perlu terus belajar agar pembangunan di kota berikan manfaat," tuturnya.

Untuk sekadar diketahui, pelatihan tersebut diselenggarakan oleh JPI yang bekerjasama dengan Centre for Livable Cities Singapura dari 5 sampai 7 Desember 2016.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini