Image

Harga Lahan di Bangka Belitung Masih Terjangkau

Agregasi Kamis 01 Desember 2016, 18:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 01 470 1556246 harga-lahan-di-bangka-belitung-masih-terjangkau-VIY59CVuiE.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - DPD Real Estate Indonesia (REI) Bangka Belitung (Babel) kini fokus memperbanyak pembangunan hunian untuk segmen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Lahan di Babel dinilai masih relatif terjangkau, sehingga membangun hunian residensial masih bisa.

"Harga lahan di sana bervariatif. Harga Rp20 ribu meter persegi juga ada. Tapi, relatifnya Rp100 ribu sampai Rp4 juta per meter perseginya," ucap DPD REI Babel Thomas Jusman pada acara Munas REI XV di Jakarta.

Saat ini pada Kuartal III 2016, rumah subsidi di Babel sudah terjual 1.500 unit. Dirinya menargetkan tahun mendatang bisa menjual 2.000 unit. Penjualan tahun ini, menurutnya, sedang menurun.

Lesunya sektor pertambangan jadi alasan menurunnya penjualan rumah subsidi. Meskipun begitu, hunian untuk segmen menengah atas berhasil terjual.

"Sektor menengah ke atas tinggal 10 persen saja lagi tersisa sepanjang tahun," ujarnya.

Di Babel, Upah Minimum Provinsi (UMP) berada di angka Rp2,5 juta. Di sana kebutuhan hidup masih terjangkau. Dampaknya, harga lahan pun terjangkau.

"Di sana (Babel) yang mahal biaya notaris sama materialnya. Notaris di sana masih sedikit. Kalau materialnya dipasok dari luar pulau," katanya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini