Image

Jakarta akan Bangun Pedestrian Layang Ramah Pejalan Kaki

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2016, 16:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 01 470 1556283 jakarta-akan-bangun-pedestrian-layang-ramah-pejalan-kaki-AsgYDjYub0.jpg Foto: jpi.or.id

JAKARTA - DKI Jakarta berencana akan membangun jalur pedestrian elevated atau berstruktur layang sepanjang 800 meter, di daerah Karet Tengsin, Jakarta Pusat.

Executive Director Jakarta Property Institute (JPI) Wendy Haryanto mengungkapkan, proyek tersebut merupakan pilot project pembangunan jalur pedestrian yang walkable atau ramah pejalan kaki berkonsep elevated structure.

"Pembangunannya ada tiga tahap, tahap pertama itu 800 meter yang membentuk segitiga mengelilingi dari City Walk Sudirman dan Kota BNI, totalnya itu 56 hektare," kata Wendy, di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Wendy menjelaskan, nantinya struktur pedestrian layang tersebut akan terkoneksi dengan sejumlah gedung di wilayah yang dilalui. Dia pun menginginkan jalur pejalan kaki tersebut bisa dipandang lebih holistik, artinya tidak hanya melihat aspek kenyamanan dan keamanan, tapi juga bagaimana caranya jalur tersebut ketika dilewati bisa membuat si pejalan kaki lebih merasa senang.

"Caranya gimana? kita bikin enggak cuma jalur jalan kaki, tapi juga aman, nyaman, terang, ada tempat parkir sepeda, dan ada final destinationnya, dan dari dekorasi untuk estetikanya, yang kaya gitu yang bikin orang mau jalan. Sehat itu aspek pertama selanjutnya itu happy," terangnya.

Wendy menambahkan, proyek yang ditargetkan tahun depan bisa berjalan tersebut diperkirakan bakal menelan biaya konstruksi struktur hingga belasan miliar. "Belasan miliar lah, saya belum bisa kasih rincian detail karena masih dikaji," tambahnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini